Wednesday, September 25, 2013

Gempa bumi 7.7SR di Pakistan muncul Pulau...!!


Islamabad: 

Gempa berkekuatan 7,7 skala Richter yang mengguncang Pakistan barat, Selasa (24/9), memunculkan pulau baru yang berjarak sekitar 600 yard dari Pantai Gwadar.

 Muncunya pulau bergunung setinggi 60 kaki di permukaan Laut Arab itu membuat sekelompok orang  kebingungan. Beberapa saksi mata menyatakan pulau tersebut benar-benar baru.


 Keujudan Pulau Baru..>>[Clik]

Gempa bumi itu dilaporkan dapat dirasakan di Karachi, ratusan mil jauhnya dari pusat gempa di Baluchistan, yang berbatasan dengan Iran dan Afghanistan.
 

Sejauh ini jumlah korban jiwa di Pakistan barat daya terus bertambah setelah sejumlah rumah ambruk di daerah pegunungan terpencil di dekat perbatasan dengan Iran, kata Regu Penjaga Perbatasan Pakistan.
 

"Lebih dari 80 mayat telah ditemukan dari rumah yang ambruk," kata juru bicara Korps Penjaga Perbatasan, pasukan paramiliter yang terlibat dalam operasi pertolongan korban gempa.
 

Saat petugas pertolongan berdatangan ke daerah tersebut, para ilmuwan berusaha mengungkap penyebab munculnya gundukan tanah baru berbentuk pulau. Sebenarnya itu bukan sesuatu yang langka jika gempa kuat menciptakan pulau. "Tapi bukan gempa semacam yang mengguncangn Pakistan hari ini", kata ilmuwan.
Pulau biasanya terbentuk setelah gempa kuat, seperti gempa mengerikan dengan kekuatan 9,1 yang mengakibatkan tsunami di Samudra Hindia pada 2004.

 

"Ada sepotong kerak yang terdorong di bawah satu potong kerak lain. Kerak itu terkunci sejenak. Ketika gempa terjadi, kunci itu putus dan satu bagian kerak terdorong ke atas." " kata John Bellini, ahli geofisika di US Geological Survey (USGS).
 

Gempa di Samudra Hindia pada 2004 (yang juga menguncang dan menimbulkan tsunami di Aceh) mendorong beberapa daerah dataran rendah naik ke permukaan samudra di dekat Pulau Andaman. (Ant)
 

Editor: Patna Budi Utami

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget